News update:

Pantai Lombang - Lombang Mamuju

Rabu, 21 Desember 2011



Pantai Lombang Lombang berada di pesisir barat Kelurahan Sinyonyoi, kurang lebih berjarak 30 Kilometer dari  Kota mamuju, Pantai yang sangat indah dengan hamparan pasir hitam halus sepanjang 5 km, deburan ombak dan hembusan angin laut dan pada senja hari dapat menikmati matahari yang kembali keraduannya dibawah kaki langit. Kawasan ini dilengkapi dengan gazebo tempat beristirahat sambil bakar ikan laut yang segar. berenang dan menyelam, dan duduk santai sambil melihat indahnya pohon bakau yang melengkapi keindahan pantai di kejauhan.

Pantai Lombang - Lombang dikelola bersama-sama pemerintah dan masyarakat setempat. Pantai Lombang - Lombang sangat bersih dan terbebas dari onggokan sampah. Karena dianggap masih asri itulah, pada hari Minggu atau hari libur lainnya, pantai ini biasanya dipenuhi oleh wisatawan lokal yang ingin menghabiskan liburan mereka dengan menikmati panorama pantai. 

Pantai Wisata Lombang-Lombang ini adalah salah satu pantai yang sering direferensikan oleh masyarakat di sana apabila pengunjung datang ke kota ini. 

Sayangnya di Pantai ini belum digarap oleh resorts wisata yang memadai, tetapi Pantai Lombang-Lombang  berpotensi menjadi daerah wisata yang menjanjikan. 

Dengan tumbuhnya pohon bakau yang besar dan unik menciptakan suatu pemandangan yang amat menakjubkan dan dapat Anda abadikan bersama keluarga. 

Pantai Lombang-Lombang sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pantai. di pantai ini wisatawan dapat merasakan suasana alami yang mungkin tidak ditemukan di pantai lain. Di Pantai Lombang - Lombang wisatawan dapat menyusuri hamparan pasir hitam halus sepanjang + 5 kilometer dengan lebar rata-rata 50 meter. Dengan areal seluas itu, para pengunjung dapat leluasa melakukan berbagai aktivitas di tepi pantai, seperti bermain pasir, bermain voli atau sepak bola, atau sekedar duduk-duduk santai. 

Pantai Lombang Lombang Mamuju


Lokasi pantai yang bersih dan ombaknya yang tak begitu besar membuat pantai ini juga cocok untuk mereka yang menyukai olahraga renang maupun menyelam (snorkeling). Namun, bagi yang belum mahir berenang tetapi tetap ingin bermain air, Anda dapat memanfaatkan persewaan ban pelampung yang banyak disediakan di pantai ini.

Usai berolahraga atau bermain-main di pantai ini, wisatawan dapat duduk mengobrol atau sekedar menikmati indahnya deburan ombak di gazebo-gazebo yang disediakan oleh pengelola pantai. Suasana alami dan menyegarkan ini niscaya dapat mengendorkan urat-urat syaraf Anda setelah beberapa hari bekerja. 

Gazebo ini memang sengaja dibangun menghadap ke laut supaya pengunjung dapat menyaksikan pesona pesisir barat Sulawesi, terutama saat menjelang matahari terbenam (sunset). Jika mengajak keluarga dan menginginkan tempat yang lebih luas, wisatawan dapat menyewa balai yang terbuat dari bambu dengan atap dari rumbia. Di balai yang eksotis ini wisatawan dapat bersantai sambil menikmati ikan bakar bersama-sama keluarga. 

Di Pantai Lombang - Lombang juga sering diadakan event musik dan seni, wisatawan akan dimanjakan oleh  pertunjukan musik atau pertunjukan seni lainnya secara gratis. Pengelola pantai memang menyediakan sebuah panggung dengan ukuran yang cukup besar untuk keperluan pementasan seni tersebut. Hanya saja, sampai saat ini pertunjukan kesenian itu belum digelar secara rutin.

Lokasi

Secara adminitratif Pantai Wisata Lombang-Lombang terletak di Kelurahan Sinyonyoi, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Indonesia.

Untuk menuju Kota Mamuju, wisatawan dapat menempuh perjalanan dengan pesawat udara dari berbagai kota besar di Indonesia menuju Bandara Hasanuddin di Makassar. Dari bandara ini wisatawan dapat melanjutkan penerbangan menuju Bandara Mamuju, bisa juga melalui perjalanan darat dengan menyewa mobil. Sebab, jadwal penerbangan Makasar-Mamuju memang terbilang jarang dan dalam sehari biasanya hanya melayani satu kali penerbangan. Nah, dari Kota Mamuju, wisatawan dapat menggunakan angkutan umum atau mobil sewaan untuk menuju Pantai lombang-Lombang dengan waktu tempuh sekitar setengah jam perjalanan.

Wisatawan yang ingin bermain air dan memerlukan ban pelampung dapat menyewa kepada para pengelola pantai dengan harga Rp 5.000 per buah. Apabila ingin menyewa sebuah balai dari bambu untuk istirahat, para pengunjung harus mengeluarkan uang sebesar Rp 25.000 untuk sewa satu bilik balai. Namun, jika memerlukan penginapan, para pelancong bisa mendapatkan hotel dengan berbagai tipe di Kota Mamuju. Di kota ini wisatawan juga dapat mencari berbagai suvenir, maupun buah segar khas Kota Mamuju, yaitu jeruk manis Mamuju.


Sumber : Wisata Melayu
Share this Article on :
 

© Copyright Berita Mamuju 2010 -2011 | Design by Mamasa Cyber News | Published by Berita Mamuju | Powered by MCN 2012.