News update:

Cuaca Buruk, Puluhan Rumah Hancur Diterjang Ombak

Rabu, 28 Desember 2011

Puluhan rumah warga yg rusak diterjang angin dan ombak
Cuaca buruk berupa angin kencang dan ombak besar menyebabkan lebih 40 rumah di pesisir Kecamatan Tappalang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, rusak. Sebagian bahkan ikut hanyut dibawa ombak.  
Hingga Rabu (28/12) siang, puluhan warga yang rumahnya rusak diterjang ombak besar masih mengungsi di rumah kerabat yang selamat dari terjangan ombak. Sebagian korban lainnya tampak memenuhi badan jalan Jalinbar Sulawesi.

Salah seorang warga Tappalang, Mulyadi mengatakan angin kencang disertai ombak besar terjadi Selasa (27/12) malam.

"Kondisi makin parah, Pak. Karena, tanggul juga sudah hancur sebelumnya. Sampai sekarang belum diperbaiki," katanya.

Warga makin panik karena ombak keras masih menerjang. Listrik di daerah pesisir itu pun padam sehingga suasana makin gelap. Padahal, warga saat itu berusaha menyelamatkan barang berharga untuk dibawa ikut mengungsi.

Dari 40 lebih rumah warga yang rusak diterjang angin kencang dan ombak besar, sebagian besar tak bisa lagi ditempati karena rusak parah. Kondisinya antara lain atap serta dinding yang lepas bahkan salah satu rumah batu. Sebagian badan rumah sudah roboh.

Data dari koramil Tappalang, dari lebih 40 rumah yang rusak dan hanyut terseret ombak di kecamatan Tappalang  itu, mayoritas berada di Desa Tappalang dan Desa Taang.

"Saat ini yang mesti dipikirkan secepatnya adalah merelokasi warga ketempat yang lebih aman? kata Komandan Rayon Militer (Danramil) Tappalang, Kapten (Inf) Alwi Wahyuddin, yang memimpin evakuasi para korban.

Bencana yang diakibatkan angin kencang dan ombak besar di Tappalang ini merupakan yang kali Ketiga  terjadi dalam kurun watu 2 tahun terakhir. Gerusan ombak itu juga mulai mengancam jalur transportasi Jalur Lintas Barat (Jalinbar) Sulawesi, karena tepi laut sudah makin mendekati jalur penghubung sejumlah provinsi di bagian barat Sulawesi itu. (FH/OL-10)
<marquee>Cuaca Buruk, Puluhan Rumah Hancur Diterjang Ombak </marquee>
Share this Article on :
 

© Copyright Berita Mamuju 2010 -2011 | Design by Mamasa Cyber News | Published by Berita Mamuju | Powered by MCN 2012.