News update:

Cadangan Batubara Mamuju Diprediksi 2,5 Juta Ton

Kamis, 05 Januari 2012




MAMUJU- PT Mandiri Dondang Coal yang saat ini melakukan tahap eksplorasi meyakini cadangan batubara yang ada di perut bumi Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, diprediksi mencapai 2,5 juta ton dengan asumsi dari 3.000 hektare luas areal yang akan digarap.

Hal ini disampaikan langsung ketua tim penyusun Analisis Dampak Lingkungan Hidup (Andal) Tambang Batubara, Dr. Achmad Patoni di Mamuju, Senin (2/1).

Menurutnya, potensi tambang batubara terbesar terdapat di Kalimantan dan terbesar kedua terdapat di Sulbar.

Ia menyampaikan, cadangan batubara yang saat ini tengah dilakukan tahap eksplorasi di Kabupaten Mamuju memiliki potensi hingga 2,5 juta ton dengan luas areal pertambangan sebanyak 3.000 hektare dengan ketebalan sekitar 0,25 meter.

"Tambang batubara yang ada di Mamuju lebih dalam sehingga harus dilakukan penggalian sekitar antara 10 hingga 20 meter. Tidak seperti potensi tambang yang ada di daerah lain yang memiliki ketebalan lebih sedikit dibandingkan di Mamuju,"ungkapnya.

Namun demikian, kata dia, sebelum cadangan batubara digarap maka terlebih dahulu dilakukan analisis dampak lingkungan.

Ia menyampaikan, tambang batubara menjadi salah satu energi alternatif pengganti minyak dan gas.

"Batubara salah satu sektor yang diharapkan mampu menjadi bahan baku alternatif pengganti migas kebutuhan industri PLTU,"kata dia.

Olehnya itu kata dia, cadangan migas yang ada di Mamuju ini diharapkan bisa tergarap sehingga menjadi aset untuk kepentingan daerah dan negara.

Dia menambahkan, potensi tambang batubara yang ada di Mamuju ini jelas akan mampu memberikan kontribusi positif terhadap daerah termasuk mampu mengurangi angka pengangguran.

"Jika tambang batubara beroperasi maka ribuan tenaga kerja akan terserap oleh perusahaan yang akan melakukan ekploitasi,"ungkap Achmad.

Share this Article on :
 

© Copyright Berita Mamuju 2010 -2011 | Design by Mamasa Cyber News | Published by Berita Mamuju | Powered by MCN 2012.