News update:

Gubernur : Unsulbar Sedang Dalam Proses Menjadi PTN

Sabtu, 07 Januari 2012

Gubernur Sul-Bar Anwar Adnan Saleh
Gubernur Sulawesi Barat menyatakan, Universitas Sulawesi Barat sedang dalam proses menjadi perguruan tinggi negeri.
"Proses penegrian Unsulbar sudah berjalan di tingkat pusat, dan pada Maret 2011 status Unsulbar diharapkan resmi menjadi PTN," kata Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh saat menerima utusan mahasiswa pengunjuk rasa di kampus Unsulbar di rumah jabatan Gubernur Sulbar di Mamuju, Sabtu.
Sebelumnya mahasiswa Unsulbar melakukan unjuk rasa di kampus mereka selama lima hari berturut-turut dengan menyegel kampus yang mengakibatkan aktivitas perkuliahan di kampus yang terletak di Kabupaten Majene itu terhenti.
Dalam aksinya itu mahasiswa menuntut kampus mereka dinegerikan serta menuntut pengelolaan keuangan di kampus Unsulbar yang dinaungi pengelola yayasan dilakukan dengan transparan, kemudian menuntut manajemen perkuliahan dimaksimalkan.
Gubernur menjelaskan bahwa proses penegrian Unsulbar telah berlangsung di tingkat pusat dan segera lahir keputusan presiden (Kepres) mengenai penegrian Unsulbar.
"Segala bentuk upaya dan kerja keras pemerintah di Sulbar telah dilakukan dalam rangka menegrikan Unsulbar menjadi PTN, pertama Komisi X DPR-RI sudah didatangkan ke Sulbar pada 2010, untuk meninjau kelayakan Unsulbar menjadi kampus negeri, hasilnya DPR-RI setuju," katanya.
Bukan hanya itu Pemerintah Sulbar juga telah mendatangkan Wakil Presiden (Wapres) Boediono, dan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) ke Sulbar pada Februari 2011 untuk menyetujui penegrian Unsulbar, dan Wapres menyetujuinya.
"Saat itu pemerintah Sulbar memberikan dokumen mengenai upaya penegrian Unsulbar dan Wapres menerimanya dan dokumen itu telah dirapatkan di Istana Wapres agar Unsulbar dapat menjadi PTN pada April 2011, hanya saja kendala saat itu lahan Unsulbar belum disertifikasi untuk dibebaskan," katanya.
Namun setelah lahan sekitar 30 hektare untuk Unsulbar di Majene disertifikasi, tidak ada lagi masalah dan tim penilai dari Mendiknas yang juga berkunjung ke Sulbar untuk meninjau kelayakan Unsulbar menjadi kampus negeri pada Desember 2011 menyatakan tidak ada lagi masalah dengan Unsulbar untuk menjadi PTN.
"Dan kini hanya menunggu Kepres tentang penegrian Unsulbar karena untuk melahirkan itu butuh proses melalui Menteri Sekertaris Negara, Mendiknas, dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara," katanya.
Oleh karena itu ia meminta mahasiswa Unsulbar dapat bersabar menunggu proses itu berjalan, yang diperkirakan selesai Maret 2011.
"Jadi kami minta mahasiswa menghentikan aksi demonstrasi karena segala upaya telah dilakukan pemerintah Sulbar untuk menjadikan Unsulbar menjadi kampus negeri," katanya.(Iwn/Ant)
Suber : seputarsulawesi.com
Share this Article on :
 

© Copyright Berita Mamuju 2010 -2011 | Design by Mamasa Cyber News | Published by Berita Mamuju | Powered by MCN 2012.