News update:

Pembangunan Tanggul Dianggarkan Rp2,5 M

Sabtu, 14 Januari 2012

MAMUJU –( @MCN )-- Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Mamuju menyikapi ancaman abrasi di wilayah pesisir pantai sepanjang 300 kilometer, dengan mengalokasikan anggaran Rp2,5 miliar untuk pembangunan tanggul.


Kepala Dinas PU Mamuju Zulkifli Rachman menyebutkan, anggaran tersebut untuk pembangunan tanggul di lima kecamatan di Mamuju,yakni Kecamatan Simboro, Kalukku,Mamuju, Sampaga,dan Papalang. Alokasi anggaran di tiap kecamatan berbeda disesuaikan dengan kondisi masing-masing wilayah,seperti di Desa Sumare, Simboro, dianggarkan Rp371 juta.Namun,dana itu masih kurang untuk membangun tanggul sepanjang 200 meter.

“Paling tidak ini perlu dilihat dari sisi positifnya dulu. Anggaran itu memang untuk membangun tanggul sepanjang 100 meter, menyambung tanggul yang sudah ada,” ungkapnya kepada SINDO di Mamuju, kemarin. Sementara di Lingkungan Bulutakkang sebesar Rp209 juta dan Tapandullu Rp481 juta. Keterbatasan anggaran membuat pemerintah harus menetapkan perencanaan matang karena pembangunan tanggul tidak hanya dilakukan di Simboro.

Di Dusun Kayumate,Kalukku, pembangunan tanggul di wilayah itu dianggarkan Rp181,5 juta, Dusun Bone-Bone Pantai, Mamuju, sebesar Rp741 juta; Dusun Dato, Sampaga, Rp209 juta; dan Dusun Paniki,Papalang,dianggarkan Rp209 juta. ”Di dalamnya sudah termasuk perencanaan, pengawasan, dan administrasi kegiatan,”pungkasnya. Bupati Mamuju Suhardi Duka mengatakan,anomali cuaca memang membentuk kondisi rawan di sepanjang pesisir Pantai Mamuju.

Karena itu, pemerintah membuat skala prioritas pembangunan tanggul dan disesuaikan dengan kondisi anggaran. “Sangat dipahami keluhan terhadap abrasi, apalagi mayoritas warga Mamuju berada di pesisir.Namun,pemerintah harus bijak mengambil keputusan. Perlu ada persetujuan dan masukan Dewan,”ungkapnya.

Dia menandaskan, pembangunan tanggul itu dilakukan bertahap dan dikerjakan tahun ini.Untuk tanggul di Kecamatan Tapalang, ditangani langsung Pemprov Sulbar karena telah diajukan untuk mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Pusat. herman mochtar 

Sumber : Seputar Indonesia
Share this Article on :
 

© Copyright Berita Mamuju 2010 -2011 | Design by Mamasa Cyber News | Published by Berita Mamuju | Powered by MCN 2012.